Rabu, 30 September 2015

TUGAS 4 TELAAH KURIKULUM



Kurikulum terbaru (K13) di Indonesia

Kurukilum pendidikan di Indonesia mengalami beberapakali perubahan, hal ini terjadi untuk menemukan formula yang pas dan sesuai bagi pendidikan di Indonesia. Kurikulum berfungsi sebagai acuan umum atau standar umum bagi sekolah dalam melakukan pembelajaran. Seiring perkembangan waktu kurikulum pun terus mengalami perubahan. Pada postingan sebelumnya saya berbicara tentang sejarah kurikulum yang ada di Indonesia, dari Rencana Pelajaran 1947 hingga Kurikulum 2013. Kali ini saya akan berbicara kurikulum terbaru yang mulai berlaku di Indinesia yaitu kurikulum 2013 atau yang sering disebut K13. Berikut merupakan informasi dasar tentang kurikulum 2013.
Kompetensi Inti
       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
       Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
       Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
       Mencoba,  mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
STANDAR ISI
Pembelajaran menggunakan pendekatan sainstifik, meliputi;
      Domain sikap : menerima, mejalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan.
   Domain keterampilan: mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta.
      Domain pengetahuan: mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis,  dan mengevaluasi.
STANDAR PROSES
       TIK menjadi media semua mata pelajaran
       Pembelajaran dalam konteks  jejaring, siswa menimba ilmu dari berbagai sumber; dari siapa saja, dari mana saja, dari internet, dari perpustakaan sekolah, dari hasil praktik di luar kelas...
       Pembelajaran berbasis tim.
       Pembelajaran menstimulasi seluruh panca indra.
STANDAR PENILAIAN
Penilaian otentik, menggunakan penilaian acuan patokan (PAP),  yaitu penilaian pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperoleh siswa terhadap skor ideal berbasis kompetensi, memanfaatkan portofolio

Setiap kurikulum yang perna berlaku di Indonesia pasti memiliki keunggulan dan kelemahan, termasuk di kurikulum 2013 ini. Adapun keunggulan dan kekurangan K13 sebagai berikut:
Keunggulan kurikulum 2013
  1. Siswa dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Sehingga siswa dapat lebih percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dan hal ini merupakan suatu yang baik untuk menggali setiap potensi yang ada pada siswa.
  2. Adanya penilaian dari semua aspek. Penentuan nilai bagi siswa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga didapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain. Hal ini mengakibatkan guru lebih arif dalam menilai hasil belajar siswa.
  3. Munculnya pendidikan karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua program studi. Diharapkan dengan penanaman budi pekerti ini para siswa  menjasi pribadi-pribadi yang baik sebagai generasi penerus bangsa.
  4. Adanya kompetensi yang sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional.
  5. Kompetensi yang dimaksud menggambarkan secara holistic domain sikap, ketrampilan, dan pengetahuan.
  6. Banyak kompetensi yang dibutuhkan sesuai perkembangan seperti pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan.
  7. Hal yang paling menarik dari kurikulum 2013 ini adalah sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal ini mulai dari perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global.
  8. Standar penilaian mengarahkan kepada penilaian berbasis kompetensi seperti sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional.
  9. Mengharuskan adanya remediasi secara berkala.
  10. Sifat pembelajaran sangat kontekstual.
Kelemahan kurikulum 2013
  1. Guru banyak salah mengerti tentang  beranggapan kurikulum 2013 bahwa guru tidak perlu menjelaskan materi kepada siswa di kelas, padahal banyak mata pelajaran yang harus tetap ada penjelasan dari guru. Misalnya saat mengaitkan materi pelajaran yang ada di buku atau di sumber lainnya dengan keadaan sosial yang ada disekitar, peran guru tetap sangat penting dalam belajar pembelajaran.
  2. Banyak sekali guru-guru yang belum siap secara mental dengan kurikulum 2013 ini, karena kurikulum ini menuntut guru lebih kreatif, pada kenyataannya sangat sedikit para guru yang seperti itu, sehingga membutuhkan waktu yang panjang agar bisa membuka cakrawala berfikir guru, dan salah satunya dengan pelatihan-pelatihan dan pendidikan agar merubah paradigm guru sebagai pemberi materi menjadi guru yang dapat memotivasi siswa agar kreatif.
  3. Kurangnya pemahaman guru dengan konsep pendekatan scientific
  4. Kurangnya ketrampilan guru merancang RPP
  5. Guru tidak banyak yang menguasai penilaian autentik
  6. Tugas menganalisis SKL, KI, KD buku siswa dan buku guru belum sepenuhnya dikerjakan oleh guru, dan banyaknya guru yang hanya menjadi plagiat dalam kasus ini.
  7. Tidak pernahnya guru dilibatkan langsung dalam proses pengembangan kurikulum 2013, karena pemerintah cenderung melihat guru dan siswa mempunyai kapasitas yang sama.
  8. Tidak adanya keseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013 karena UN masih menjadi factor penghambat.
  9. Terlalu banyak materi yang harus dikuasai siswa sehingga tidak setiap materi bisa tersampaikan dengan baik, belum lagi persoalan guru yang kurang berdedikasi terhadap mata pelajaran yang dia ampu.
  10. Beban belajar siswa dan guru terlalu berat, sehingga waktu belajar di sekolah terlalu lama.
 semoga bermanfaat.



Sumber referensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar